Kamis, 10 Mei 2012

Article Civic,, semangat Nasionalisme :D


Merdeka Bukanlah Hadiah, Melainkan  Sebuah Hasil Perjuangan


            Tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia mengumandangkan kemerdekaannya  dengan gagahnya Sang Saka Merah Putih berkobar dengan gemilang di atas langit Indonesia. Setelah melewati berbagai macam halangan, penderitaan, dan berbagai siksaan akhirnya bangsa Indonesia mengumandangkan kemerdekaan, bebas dari nergara penjajah dan lahir sebagai Negara baru yang berdaulat.
                Memang, kita tau benar akan semua itu, mempelajarinya dari mulai sekolah dasar, melafalkan pancasila, mengheningkan cipta  dan menyanyikan lagu kebangsaan. Namun akankah kita menghayatinya? Menghayati bagaimana semua yang kita punya sekarang, semua yang kita jalani sekarang adalah hasil dari perjuangan para pahlawan kita terdahulu,         dengan gagah berani mereka mempertaruhkan jiwa dan raga, tak takut terluka, tak takut tersiksa bahkan mati dalam peperangan. Namun mari hening sejenak dan tanyakan, apa yang sebenarnya mereka pertahankan? Apa yang sebenarnya mereka ingin raih? Ya.. Pernahkan kita berpikir? Semua yang mereka lakukan bukankah tanpa tujuan,  melainkan demi meraih kemerdekaan bangsa, meraih Indonesia yang sejahtera, bebas dari jajahan Negara lain, dan bebas menentukan peraturan di dalam tanah sendiri.
                Kini Indonesia telah merdeka, namun ini belumlah usai, perjuangan sebenarnya baru dimulai, para pemberani telah berpulang, namun itu bukanlah halangan. Kemerdekaan kini bukan hanya dapat didapat dari berperang, mengucurkan darah. Tapi kini kemerdekaan dapat diraih dengan pemikiran, memikirkan jalan terbaik untuk meraih kemerdekaan yang sejati yaitu merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan, merdeka dari ketidak jujuran, dan merdeka dari ketidak adalian. Semua kemerdekaan itu dapat kita raih aslakan disertai dengan kerjasama. Semua golongan masyaratkat dapat turut membantu, dengan memulai hal-hal kecil seperti mencintai produk dalam negeri, memelihara fasilitas umum, membayar pajak, dan menaati peraturan, bukankah itu mudah? Dibandingkan dengan maju berperang sambil mempertaruhan jiwa raga.
                Jangan biarkan Indonesia terus tertinggal, menjadi Negara berkembang selamanya, merdeka di luar namun ternyata masih jerjajah di dalam. Mari mulai dari sekarang,  satukan hati dan pikiran untuk Indonesia tercinta, mari buat para pahlawan kita bangga, dan merasa semua perjuangan mereka berarti. Karena apa yang mereka berikan bukalah sebuah hadiah melainkan sebuah hasil perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar